Belajar terus belajar

#Latepost
Ketika aku melihat foto ini jadi teringat masa lalu. Bukan suasananya yang dramatis tapi cerita dibalik pakaian yang aku pakai.




Tahun 2014
Masa di mana aku seperti menemukan semangat baru.

Ketika aku mendapat pekerjaan baru di kota Surabaya seperti yang aku inginkan namun kenyataan tidak sesuai yang aku rencanakan. Baru beberapa bulan aku bekerja, ternyata takdir harus aku terima. Aku sakit, dokter mengatakan aku terkena bronkitis kronis. Aktivitas sehari-hari harus kujalani dengan nafas yang sering sesak. Kadang rasa sakit itu membuatku down. Rasanya setiap malam terbayang-bayang kematian akan menjemputku. Hanya aktivitas tidur yang membuatku melupakan rasa sakitnya. Hingga aku berhenti bekerja. Aku berpikir, mungkin ini teguran bagiku atas dosa-dosaku selama ini, semoga Allah menghapus dosa-dosaku dengan penyakitku. Aku pulang kampung dan dirawat di rumah Bangil. Untuk sementara itu, aku harus menjauhi tempat yang banyak polusi dan tidak beraktivitas berat.

Beberapa bulan aku menjalani pengobatan dan terapi kecil. Keluargaku yang selalu menyemangatiku umik, bapak, dan kakak-kakakku. Mereka membantuku untuk menanamkan berpikir positif "jika sakit itu sebenarnya terasa ringan" dan semuanya berproses. Memang pada dasarnya, aku tidak ingin berdiam diri tanpa aktivitas, rasanya menjadikanku aneh. Sehingga aku mulai mengenal dan belajar menjahit.

Ketika kerabat, teman-teman, dan tetanggaku melihat dan penasaran dengan baju yang kupakai dan kukatakan buat sendiri, sering mereka heran dan gak percaya. Ada yang bilang beli di mana? Ada yang bilang jahit di mana? Ada juga yang bilang lho sarjana pendidikan matematika koc bisa menjahit?.

Seperti itulah singkat ceritanya. Aku belum bisa bercerita banyak layaknya cerpen dan novel. Hanya saja aku ingin berbagi hasil dari yang aku pelajari  dari peristiwa tersebut untuk:

1) Jaga selalu kesehatan
2) Sakit itu bukan musibah melainkan hikmah tersembunyi.
3) Belajar itu bisa dimulai kapanpun dan dari siapapun.
4) Belajar itu harus ada kemauan kuat.
5) Jangan takut dan jangan malu belajar apapun asal ilmunya bermanfaat.
6) Jangan terlalu memikirkan title dan latar belakang pendidikan yang penting belajar ya belajar.
7) Semua cobaan dan musibah pasti ada hikmahnya.
8) Manusia bisa berencana namun Allah yang menentukan mana takdir terbaik bagi hambanya. Karena Allah yang menciptakan kamu dan DIA lebih Maha Mengetahui dari kamu.

Dan Alhamdulillah... Aku sekarang sudah tidak merasakan sakit seperti itu lagi.

🌸🌸🌸 Latira Hijab 🌸🌸🌸

Popular Posts